Support System

Support System

30 September 2020 Cerita 0

Support system adalah sistem dukungan sosial yang berisi beberapa orang yang kamu percayai sebagai tempat menyampaikan keluh kesah dan tempat mencari bimbingan. Support system biasanya adalah keluarga dan teman-teman terdekat (Halodoc). Melansir Very Well Mind, support system menjadi komponen kunci dari hubungan yang solid dan kesehatan psikologis yang kuat. Mereka adalah orang pertama yang kamu temui saat menghadapi krisis pribadi dan membutuhkan bantuan segera. Mereka adalah orang-orang yang ingin kamu ajak untuk menghabiskan waktu bersama. Hubungan ini memainkan peran penting dalam cara kamu bertindak dalam kehidupan sehari-hari, dan pastinya untuk pengembangan diri sendiri (Halodoc).

Support system bisa hanya satu orang ataupun lebih dari satu orang. Tidak sebentar untuk menemukan support system yang benar-benar terdapat pada definisi diatas. Semua butuh waktu dan mencari mana yang benar-benar merupakan support system untuk kita. Support system tidak harus selalu ada tiap hari, tapi setidaknya ada Ketika diri sedang berada pada keadaan paling bawah dan berada pada kondisi paling atas. Artinya, saat keadaan kita sangat tidak mood, atau sangat senang, orang-orang tersebut ada. Entah hanya sekadar mendengarkan cerita kita, memberikan saran, atau bahkan bisa ikut turut merasakan apa yang kita rasakan.

Kalo bisa dibilang berat, ya berat untuk menemukan orang yang seperti itu. Orang seperti itu bisa berasal dari temen sekolah, temen kuliah, atau rekan kerja. Tapi, orang-orang yang menemami sewaktu sekolah dulu, terkadang dilupakan saat kuliah dan mencari support system baru. Begitu juga saat kerja.

Kondisi yang akan membuat kita untuk memutuskan benar-benar mencari support system adalah Ketika sudah tidak kuat lagi menghadapi tantangan yang ada di depan. Biasanya diawali dengan menangis. Menangis bukan menandakan kalau kita lemah. Tapi, lebih kepada mengungkapkan perasaan dan agar apa yang kita rasakan ini bisa tercurahkan. Tidak baik untuk memendam sesuatu yang ingin diucapkan atau dicurahkan.

Tapi, terkadang, ada orang yang sulit mencari support system. Merasa dirinya kuat tetapi di hati yang paling kecilnya berkata kalo membutuhkan support system tersebut. Tetapi bingung buat memulainya darimana dan siapa yang akan kita jadikan support system. Terkadang, ada rasa yang tidak enak untuk menjadikan seseorang menjadi support system. Orang yang berada dalam support system memang seharusnya tidak ada rasa jika support system itu terdiri dari dua orang laki-laki dan perempuan. Akan beda cerita Ketika keduanya saling memiliki rasa atau bahkan hanya salah satunya saja.

Berbeda cerita lagi Ketika support system dilakukan oleh dua orang laki-laki dan perempuan yang sudah berbagi waktu. Bisa dibilang itu adalah sebuah “kewajiban” untuk saling bertukar cerita. Tapi, bertukar cerita itu terkadang bisa menimbulkan sebuah ketidakharmonisan dalam berbagi cerita saat dua orang yang menjalin sebuah hubungan. Terkadang juga, sulit untuk melupakan kenangan dan cerita Ketika dua orang tersebut sudah tidak lagi menjadi sebuah pasangan.

Akan berbeda cerita lagi Ketika seseorang yang merasa dihadapan teman-temannya bilang kalau dia kuat dan mampu mengatasi masalahnya sendirian. Salah satunya cara adalah dengan menulis. Menangis sendirian. Sering bengong. Semua itu tidak salah. Jika memang hal-hal itu dapat mengurangi beban, membuat mood Kembali membal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *