Stasiun Televisi Terbaik

Stasiun Televisi Terbaik

4 October 2021 Cerita 0

Beberapa waktu yang lalu aku baru aja nyelesain maraton nonton series di salah satu tv swasta di Indonesia tapi lewat YouTube. Series yang sebenarnya tayang 3 tahun lalu dan banyak yang nunggu buat season 2nya karena masih ada cerita yang menggantung di endingnya. Series itu juga menjadi series yang diproduksi sendiri oleh stasiun tv tersebut. iya, Net. TV. Salah satu stasiun tv swasta yang ada di Indonesia. Stasiun tv terbaik di Indonesia menurutku. Tapi nampaknya, beberapa orang dan cukup banyak orang yang beranggapan hal yang sama.

Stasiun tv ini aku baru kenal kayaknya waktu masih awal-awal SMA. Sekitar tahun 2015an. Aku tau stasiun tv ini karena tiba-tiba muncul channel baru di tv yang waktu itu sedang iseng buat ngotak-ngatik channel di tv. Dan maklum, baru tau stasiun tv ini telat karena di rumah Cuma pake antenna biasa dan tv pun masih tv cembung, jadi ya nerima channel baru juga telat. Terlebih lagi SMA itu aku ngekos, jadi jarang nonton tv dan sekalinya nonton dapet channel tv yang berkualitas sekelas Net. TV ini.

Mulai tahun 2015 itulah aku mulai sering nonton di Net. TV dan mulai jarang nonton channel-channel lain karena jujur memang beda kualitasnya. Secara jenis acaranya, konsep acaranya, dan kualitas tayangan yang dihasilin juga beda. Terbaik lah pokoknya. Mulai dari situlah, ada acara-acara yang mulai aku nonton rutinnya mulai dari Ini Talkshow, WIB, WIT, Tonight Show, Breakout dan masih banyak lagi. Banyak banget asli acara Net. TV itu dan semuanya berkualitas. Aku nonton itu diantara rentang tahun 2015-2019 dan bersyukur karena sempat menonton banyak banget acara yang berkualitas dan konser-konser berkualitas seperti di ICA yang sekaligus sebagai acara ulang tahun Net. TV.

Selain acara-acara yang berkualitas itu, juga ada series-series yang pernah tayang dan diproduksi sendiri oleh Net. TV. Biasanya kalo series gini dulu tayangnya sore jam 5 setiap senin-jumat atau cuma weekend jam 5 atau jam 6 sore. Nah ada beberapa series yang sempet aku tonton juga dan pasti aku ikutin kalo gak ada halangan. Ini beberapa series yang pernah aku tonton : Cinta dan Rahasia, Detektif Cinta, Jejak Suara Adzan, Kelas Internasional, Keluarga Besar, Keluarga Masa Kini, Kesempurnaan Cinta, Mimpi Metropolitan, OK-JEK, Tetangga Masa Gitu, The East.

Series-series tersebut kebanyakan sampe 2 season karena mungkin banyak yang nonton dan kualitas ceritanya juga oke. Bahkan beberapa series ada yang sampe season 3. Ada rasa rindu terhadap series-series itu karena memang kualitasnya memang terbaik. Gak ada yang dilebih-lebihkan gitu. Tapi sayangnya, mulai tahun 2019an, kualitas dari Net. TV sendiri mulai menurun dengan hilangnya beberapa acara andalan mereka dan series-series yang mulai tidak diproduksi lagi. Bahkan tahun tersebut juga Net. TV mendapatkan isu yang tidak mengenakan tetapi akhirnya dari pihak stasiun tv tersebut telah mengklarifikasi secara resmi. Tahun 2019-2020 bisa dibilang menjadi tahun yang cukup berat bagi stasiun tv tersebut. Ditambah lagi sang bos stasiun tersebut diangkat menjadi salah satu Menteri pada tahun 2019.

Permasalahan rating tv yang mulai menjadi patokan dan mulai beralihnya segmentasi penonton dan digitalisasi mau gak mau Net. TV juga harus beradaptasi. Ditambah lagi tahun 2020 terjadi kasus corona di dunia dan tak terkecuali di Indonesia. Pandemi ini memaksa Net. TV harus “mengistirahatkan” beberapa program unggulannya termausk Ini Talkshow dan Tonight Show. Mulai bermunculanlah spekulasi yang tidak mengenakan dan kabar-kabar burung terhadap program-program unggulan itu. Tetapi, sekali lagi Net. TV bisa menghadirkan sebuah klarifiaksi tentang permasalahan itu.

Memang rating bukan segalanya, tapi ratinglah yang menentukan keberlangsungan hidup sebuah stasiun tv karena dari situlah pengiklan berani mengiklankan produknya di sebuah stasiun tv. Kondisi mulai berbeda dan mau tidak mau semua stasiun tv pun harus beradaptasi dengan hal itu.

Kalau dari aku memang Net. TV ini adalah stasiun tv terbaik di Indonesia. Program-program yang ada bener-bener beda bukan sensasi yang dicari, tetapi kualitas yang diutamakan. Dan aku pernah denger dari Podcast Bang Desta dengan bintang tamunya adalah salah satu petinggi Net. TV yang mengklarifikasi keadaan Net. TV saat itu. Program-program Net. TV yang ada memang mengadopsi dari program-program tv di Amerika karena sang bos besar waktu itu kiblatnya adalah tv di Amerika. Dan hasilnya adalah memang kualitas program yang tinggi.

Tetapi sayangnya sekarang rating telah menjadi “dewa”, sehingga mau gak mau Net. TV harus mengikuti perubahan yang ada. Program-program yang berisi gossip, kebenaran yang belum pasti, settingan, “alay” justru mulai bermunculan dan disukai oleh masyarakat Indonesia dan menjadikan rating sebuah stasiun tv menjadi tinggi. Bahkan yang menjadi slogan sampat saat ini adalah “yang penting rating, kualitas nanti”. Entah itu secara tersirat atau enggak diterapkan tetapi banyak yang bilang gitu. Akibatnya adalah memang secara kualitas menjadi menurun tetapi yang terpenting “SEBUAH INDUSTRI YANG BERNAMA STASIUN TETAP BISA HIDUP DENGAN ADANYA IKLAN DARI RATING YANG TINGGI.”

Untungnya, program-program Net. TV masih tersimpan dengan baik di Channel YouTube Net. TV, Zulu ID dan di website Zulu ID. Dari situlah aku buka website dan YouTube ketika rindu akan tayangan Net. TV yang dulu dan series-series Net. TV yang dulu dan berkualitas.

Harapannya adalah pandemi bisa benar-benar kelar, gak ada lagi kasus positif lagi, semua udah orang udah ke vaksin, kehidupan kembali normal lagi, dan ini yang penting, industri pertelevisian kembali normal lagi. Net. TV bisa kembali menjadi Net. TV yang dulu yang hadir dengan kualitas acara dan series yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *